Jumat, Juni 21, 2024
spot_img

๐–๐ฎ๐ฃ๐ฎ๐๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐ž๐ซ๐š๐ญ๐š๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ง, ๐Œ๐š๐ฌ๐ฒ๐š๐ซ๐š๐ค๐š๐ญ ๐Š๐ž๐ฅ๐ฎ๐ซ๐š๐ก๐š๐ง ๐’๐ฎ๐ง๐ ๐š๐ข ๐๐š๐ง๐š๐ฌ ๐”๐ฌ๐ฎ๐ฅ๐ค๐š๐ง ๐๐ž๐ฆ๐›๐š๐ง๐ ๐ฎ๐ง๐š๐ง ๐’๐ž๐ฆ๐ž๐ง๐ข๐ฌ๐š๐ฌ๐ข ๐‰๐š๐ฅ๐š๐ง

๐ƒ๐ข๐ฌ๐ค๐จ๐ฆ๐ข๐ง๐Ÿ๐จ ๐๐š๐ญ๐š๐ฆ- Melalui daftar usulan prioritas yang disampaikan masyarakat Kelurahan Sungai Panas dalam pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2024, pembangunan sarana dan prasarana kelurahan (PSPK) menjadi prioritas utama. Pembangunan semenisasi jalan banyak diusulkan oleh masyarakat Kelurahan Sungai Panas. Prioritas program PSPK lainnya yakni pembangunan drainase dan batu miring.

โ€œPSPK ini merupakan program unggulan dari Bapak Wali Kota Batam. Pada tahun 2025 Wali Kota sudah meminta agar Bapelitbang menyiapkan anggaran Rp3,5 miliar untuk tiap kelurahan,โ€ ujar Jefridin saat mendampingi Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diacara Musrenbang Tingkat Kelurahan Sungai Panas di Perumahan Gading Hill, Senin (22/01/2024).

Program PSPK ini menurutnya sebagai wujud pemerataan pembangunan di Kota Batam. Mengingat saat ini pembangunan infrastruktur jalan perkotaan sangat masif dilakukan oleh Pemko Batam. Namun demikian Pemko Batam tetap memperhatikan pembangunan infrastruktur di tingkat kelurahan.

โ€œMelalui kegiatan Musrenbang ini, Pemerintah merumuskan pembangunan dari usulan yang disampaikan oleh masyarakat. Sepanjang anggaran tersedia, Insyaallah pembangunan yang diusulkan dapat diakomodir sesuai skala prioritas,โ€ sebut Ketua Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Batam.

Didamping usulan kegiatan PSPK, Kelurahan Sungai Panas juga mengusulkan kegiatan Non PSPK dan Pemberdayaan Masyarakat. Masing-masing perwakilan Perangkat Dinas sudah memberikan tanggapan terhadap tiap usulan kegiatan tersebut.

โ€œApabila Kita ingin mengakomodir seluruh usulan dari Musrenbang ini dibutuhkan anggaran sebesar Rp10 triliun sampai Rp15 triliun. Mengingat APBD Kota Batam hanya Rp3,5 triliun, maka anggaran yang ada Kita bagi sesuai porsinya dan tentunya skala prioritas. Mudah-mudahan pendapatan asli daerah Kota Batam meningkat sehingga usulan kegiatan dari masyarakat dapat direalisasikan,โ€ pungkasnya.

Selain pimpinan Perangkat Daerah yang hadir di acara Musrenbang ini, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Marlin Agustina pun turut hadir. Ia menyampaikan apresiasinya kepada Wakil Gubernur Provinsi Kepri yang senantiasa mendukung setiap agenda Pemko Batam.(*)

BACA LAINNYA
- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER