Selasa, April 16, 2024
spot_img

Kapolresta Barelang Launching Program Kampung Tangguh di Belakangpadang

KEPRINOW.COM, Batam – Dalam rangka pencegahan Covid-19 Polresta Barelang laksanakan launching program kampung tangguh penambang pancung ttangguh di pelabuhan Tangguh Belakang Padang Sekupang. Selasa (09/02/2021)

Kegiatan yang di hadiri oleh Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur, Dandim 0316 Batam yaitu Letkol Kav Sigit Dharma Wiryawan, Sekda Kota Batam Jefridin Hamid serta rombongan melaksanakan launching Kampung Tangguh ke-10 di Kota Batam yaitu di pelabuhan Tangguh Sekupang Belakang Padang sebagai pelabuhan penambang Pancung Tangguh.

Pak Memet perwakilan penambang pancung tangguh mengatakan ia bekerja sebagai penambang pancung akan terus mencanangkan protokol kesehatan yang dimana sebagai jembatan penghubung antara Sekupang dan Belakangpadang.

Kapolresta Barelang Kombes Pol Yos Guntur memberikan apresiasi kepada penambang pancung yang mampu menjadi tonggak bagi masyarakat untuk terus mematuhi protokol kesehatan.

Kecamatan Sekupang merupakan daerah zona merah sehingga perlu dilakukan upaya penanggulangan secara bersama-sama guna mengatasi penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut khususnya cara supaya tidak terjadi penyebaran kewilayah lain.

Terdapat lima kriteria Kampung Tangguh Barelang dalam hadapi pandemi Covid-19 sesuai dengan STR NO : ST/11/II/KEP./2021 Bag Ops Polresta Barelang yaitu Tangguh Kesehatan, Tangguh Ekonomi Sosial/Ketahanan Pangan, Tangguh Pendidikan, Tangguh Keamanan, Tangguh Informasi/Bencana.

Dari hasil penilaian penambang pancung tangguh telah memenuhi kriteria tangguh kesehatan dengan adanya keranisasi/tempat cuci tangan dilengkapi sabun pada pintu masuk maupun pintu-pintu keluar, adanya tanda physical diatancing pada kursi penumpang, adanya ruang observasi berikut tenaga medis siaga di pelabuhan.

Yang kedua terpenuhinya tangguh rkonomi adanya ruangan lumbung pangan (dipersiapkan untuk warga pelabuhan yang terpapar), adanya kegiatan pelabuhan yang kondusif (jual beli dan lainya), adanya Koperasi bersama komunitas penambang pancung tangguh.

Yang ketiga Tangguh pendidikan dengan adanya taman baca di pelabuhan pancung tangguh, yang keempeat terpenuhinya tangguh keamanan dengan memiliki fasilitas adanya pos keamanan terpadu pelabuhan dengan sistem pengamanan yang sudah berjalan antara TNI-Polri.

Yang terakhir tangguh informasi bencana dengan adanya pos tanggap darurat bencana dan memiliki panel data perkembangan Covid-19 di kecamatan Sekupang.

Dalam kegiatan ini juga di laksanakan pemberian sembako kepada penambang pancung tangguh yang diserahkan oleh Sekda Kota Batam, Kapolresta Barelang, Dandim 0316 Batam.

“Dari kegiatan program kampung tangguh ini terlaksananya program pemerintah melalui program prioritas Kapolri berbasis penanggulangan Covid-19 pada level mikro di Pelabuhan tangguh Belakangpadang Sekupang dapat meringankan beban ekonomi masyarakat pada masa pandemi Covid-19 dan memulihkan kesehatan & membangkitkan ekonomi masyarakat,” ungkap Kapolresta Barelang. (*/akh)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER