Jumat, April 19, 2024
spot_img

Muscab IV F SP LEM SPSI Batam Berjalan Lancar “Siap Hadapi Industri 4.0”

KEPRINOW.COM, Batam – Muscab IV DPC F SP LEM (Logam Elektronik dan Mesin) SPSI Kota Batam Jumat 05 Februari 2021 dengan tema “Melalui Muscab Kita Wujudkan Buruh yang Berdedikasi, Profesional, Mandiri dan Siap Menghadapi Industri 4.0” di Harris Hotel Resort Barelang Batam berjalan lancar.

Kadisnaker Batam Rudi Sakyakirti mengatakan bahwa Batam siap menghadapi industri 4.0 dan sudah berjalan saat ini di sejumlah Kawasan industri.

“Batam sudah siap masuk ke industri 4.0 (Four poin Zero) itu,” kata Rudi usai membuka muscab tersebut.

Maksud 4.0 adalah bahwa tenaga kerjanya akan menjadi minim (berkurang) dan banyak menggunakan tenaga mesin, kata Rudi yang akrab dengan insan pers ini.

Persaingan global (International) semakin tinggi tensinya. Tadinya manusia yang bekeraja tapi sekarang mesin yg lebih banyak. Industri glogal mau tak mau kita harus ikut” ujar Rudi sesuai amanat ketika dalam sambutan membuka Muscab tersebut.

Era 4.0 dengan trending digitalisasi industri untuk menghasilkan produk yang berpengaruh langsung terhadap perampingan tenaga kerja lebih sedikit.

Pada bagian lain kata Rudi, dengan era ini, Disnaker harus siap ikut meningkatkan keahliannya. “Tadinya buruh kemampuan biasa saja maka akan lebih belajar agar mampu bersaing,” ungkap Rudi.

“Yang non-skill akan tersingkir, oleh sebab itu upgrade skill, pengetahuan dan kemampuan harus diutamakan,” pungkas Rudi (Robert)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER