Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Densus 88 Kembali Tangkap Rekan Pelaku Bom Katedral Makassar

KEPRINOW.COM, Jakarta – Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri menangkap satu orang terduga teroris berinisial I (40) yang terlibat dalam aksi bom bunuh diri di depan Gereja Katedral, Makassar pada Minggu (28/3).

“Terkait Makassar, ada penangkapan lagi yakni laki-laki berinisial I, umur 40 tahun,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigadir Jenderal Rusdi Hartono kepada wartawan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (31/3).
Lihat juga: 2 Terduga Teroris Dibekuk di Jatim, Disebut Terkait Makassar

Rusdi mengatakan bahwa terduga teroris itu merupakan bagian dari jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang turut bergabung dalam kelompok Villa Mutiara, Makassar.

Diketahui, pemikiran mengenai mati syahid dan aksi jihad di Gereja Katedral oleh pasangan suami istri berinisial L dan YSF banyak berkembang di komunitas Villa Mutiara tersebut.

Sebelum I ditangkap, Densus juga telah meringkus tujuh orang tersangka terorisme lain yang diduga mengetahui dan ikut berperan dalam

“Jadi, untuk di Makassar sampai saat ini telah diamankan 8 orang,” ucap Rusdi.
Lihat juga: Kebangkitan Sel Tidur di Balik Teror Bom Gereja Makassar

Hingga saat ini, kepolisian masih mendalami peran dari I terkait aksi bunuh diri pasangan suami istri pekan lalu.

Saat membeberkan peran dari para tersangka teroris, Polri mengungkapkan ada yang berperan untuk melakukan survei lokasi pengeboman yang akan dilakukan oleh L dan YSF.

Selain itu, beberapa lainnya juga turut memberikan motivasi kepada pelaku sehingga semakin yakin melakukan aksi tersebut.

“Tersangka R alias R iktu melakukan survei ke lokasi amaliyah bersama L dan YSF. Artinya, sudah direncanakan titik dilakukannya aksi amaliyah bunuh diri tersebut,” kata Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (cnn)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER