Sabtu, April 13, 2024
spot_img

Pemerintah Segera Ambil Langkah untuk Antisipasi Varian Omicron

KEPRINOW.COM, Jakarta – Heboh Corona varian Omicron yang disebut lebih berbahaya dibandingkan jenis-jenis sebelumnya. Pemerintah kini tengah menganalisis varian tersebut.

“Pemerintah sedang melakukan analisis situasi,” kata Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, kepada wartawan, Sabtu (27/11/2021).

Wiku mengatakan pemerintah akan segera mengambil langkah untuk mengantisipasi varian tersebut. Namun, dia belum menyebutkan apa langkah yang akan diambil itu.

“Dan segera merespons dengan langkah pencegahan agar Indonesia terlindungi dari potensi penularan tersebut. Tunggu saja update dari pemerintah,” ujarnya.

Varian Omicron Jadi Perhatian WHO

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menamakan varian baru virus corona yang ditemukan di Afrika Selatan sebagai Omicron. Varian ini kini juga berada dalam daftar perhatian WHO.

Virus corona jenis baru ini sebelumnya bernama B.1.1.529. Menurut WHO, kasus positif akibat varian ini meningkat di hampir semua provinsi di Afrika Selatan.

“Varian ini memiliki sejumlah besar mutasi, beberapa di antaranya mengkhawatirkan,” begitu pernyataan resmi WHO.

Varian Omicron pertama kali dilaporkan ke WHO dari Afrika Selatan pada 24 November lalu. Virus ini diidentifikasi telah menyebar di Botswana, Belgia, Hong Kong, dan Israel. (dtk)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER