Selasa, April 16, 2024
spot_img

Menkominfo: Jaringan 4G Tulang Punggung Transformasi Digital

KEPRINOW.COM. Jakarta – Jaringan seluler 4G akan menjadi tulang punggung transformasi digital di dalam negeri. Karena itu, pemerintah secara masif melakukan pembangunan infrastruktur jaringan telekomunikasi pendukung secara masif pada beberapa tahun ke depan.

“4G akan tetap menjadi tulang punggung transformasi digital di seluruh wilayah tanah air,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate melalui siaran virtual yang ditayangkan Kominfo TV pada Selasa (22/6/2021).

Menurutnya. Pembangunan infrastruktur jaringan 4G di berbagai wilayah terus digenjot mulai dari pembangunan jaringan telekomunikasi di wilayah terluar, terdepan, dan terpencil (3T) yang dilakukan oleh Kominfo.

Kemudian, pembangunan jaringan telekomunikasi 4G di wilayah non komersial juga terus dilakukan secara masif dengan menggandeng operator seluler. Sehingga, seluruh wilayah di pelosok tanah air dapat menggunakan akses jaringan telekomunikasi 4G di wilayahnya masing-masing di masa depan.

“Kominfo juga terus mendukung pergelaran teknologi 4G terus dilakukan secara masif dengan memastikan pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dilakukan secara merata,” tuturnya.

Begitu pentingnya, akses telekomunikasi, maka Kementerian Kominfo mengimbau, para pemangku kepentingan yang terkait dapat mendukung hal di atas. Dengan cara, menepati komitmennya dalam berpartisipasi menyediakan akses telekomunikasi 4G di wilayah yang menjadi tanggung jawabnya.

“Mendorong operator seluler lainnya untuk menyelesaikan pembangunan BTS 4G 4G di seluruh wilayah wilayah untuk menjawab kebutuhan sinyal dan oleh masyarakat yang terus meningkat,” katanya.

Diketahui, Kementerian Kominfo tengah mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur telekomunikasi BTS. Terdapat total sebanyak 9.113 desa atau kelurahan yang ditargetkan selesai pada akhir 2022.

Kominfo saat ini telah membangun sebanyak 1.209 BTS di berbagai wilayah yang termasuk dalam kategori 3T. Sisanya, sebanyak 7.904 BTS akan dibangun pada periode 2021 hingga 2022.

Secara detail, pada 2021 akan dibangun sebanyak 4.200 BTS di berbagai wilayah. Kemudian, pada 2022 akan dibangun sekitar 3.704 BTS yang berada di pelosok-pelosok tanah air. (ifp)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER