Jumat, April 19, 2024
spot_img

Cak Imin Dukung Ekspor Batu Bara Disetop: Jangan Cuma Sebulan!

KEPRINOW.COM, Jakarta – Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendukung penuh keputusan pemerintah menyetop ekspor batu bara untuk periode 1-31 Januari 2021. Cak Imin menilai kebijakan ini sudah sangat tepat demi pemenuhan kebutuhan batu bara untuk kelistrikan umum dan dia meminta diperpanjang.

“Saya setuju (setop ekspor batu bara), ini sudah sangat tepat. Tapi kalau cuma sebulan itu hanya sementara saja, sebaiknya jangan cuma sebulan, toh kebutuhan kita ke batu bara juga masih tinggi,” kata Cak Imin di Jakarta, Selasa (4/1/2022).

Wakil Ketua DPR RI ini menyatakan, pemerintah seharusnya merevisi kebijakan ekspor batu bara dengan memprioritaskan keperluan Domestik Market Obligation (DMO) terlebih dahulu, bukan sekadar keuntungan ekspor.

Di sisi lain, Cak Imin mendorong pemerintah mengoptimalkan Energi Baru Terbarukan (EBT) dan tidak sepenuhnya bergantung pada energi fosil macam batu bara. EBT disebut Cak Imin sebagai masa depan, bukan pilihan, sehingga harus diupayakan semaksimal mungkin.

“Kalau saat ini masih banyak pembangkit kita bergantung ke batu bara. Saya harap pemerintah mulai mengubahnya dengan EBT, dan skema transisi ini saya lihat sudah mulai dilakukan di beberapa PLTU kita,” Kata Cak Imin.

Cak Imin tak mempersoalkan pembatasan ekspor komoditas ‘emas hitam’ untuk saat ini karena Indonesia juga masih membutuhkannya. Namun demikian, dia mendorong mekanisme transisi energi dari fosil ke EBT dioptimalkan.

“Karena kita masih butuh, ya oke saja ekspor batu bara disetop. Tapi saya mendorong transisi energi secepatnya. Sudah waktunya kita mengoptimalkan teknologi rendah emisi yang inovatif dan ramah lingkungan,” kata Cak Imin. (dtk)

Print Friendly, PDF & Email
BACA LAINNYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -spot_img

BERITA POPULER